Lihat Itu, Sejumlah Tentara AS Usai Latihan Terjun Bersama Pasukan TNI AD

jpnn. com , JAKARTA – Kepala Staf TNI AD Jenderal Andika Perkasa dan Commanding General USARPAC USA General Charles A Flynn menyematkan wing terjun kepada 569 penerjun dalam latihan Garuda Airborne, di titik tinjau penerjunan, Talang Sipin Puslatpur Baturaja, Sumatera Selatan, Rabu (4/8).

Jenderal Andika Perkasa mengatakan, penyematan wing terjun tersebut menjadi identitas bagi para penerjun yang melaksanakan penerjunan bersama dalam latihan Garuda Airbone.

Latihan penerjunan Garuda Airborne tersebut merupakan bagian dari latihan Garuda Shield ke-15 yang diikuti penerjun dari kedua negara yang terdiri atas 91 penerjun TNI AD dan 478 penerjun US Army.

Baca Juga:

Mereka berangkat dari Amerika Serikat dengan menggunakan 9 Pesawat C-17 Globe Master.

Secara rinci manifes pesawat pertama dengan 42 penerjun, pesawat kedua 70 penerjun, pesawat ketiga 71 penerjun, dan pesawat keempat 68 penerjun.

Selanjutnya pesawat kelima 68 penerjun, pesawat keenam 72 penerjun, pesawat ketujuh 50 penerjun, pesawat kedelapan 68 penerjun, dan pesawat terakhir 60 penerjun dengan titik pendaratan di Area Puslapur Martapura.

Baca Juga:

Sebelum melakukan penerjunan, para penerjun yang terpilih dari satuan TNI AD yang berkualifikasi Para atau Lintas Udara ini berlatih bersama dengan prajurit Divisi 82 Airborne US Army di Fort Bragg, North Carolina, Amerika Serikat sejak 16 Juli 2021.

Latihan bersama Garuda Airborne ini merupakan penerjunan lintas negara yang baru pertama kali dilakukan antarmiliter kedua negara dan merupakan bagian dari latihan bersama Garuda Shield-15 Tahun 2021 yang dilaksanakan dari tanggal 1 sampai 15 Agustus 2021. (antara/jpnn)

Author: Eric Nelson