HUT Ke-75 TNI, Jokowi Ucapkan Terlepas kepada Prajurit dan Singgung soal Purnawirawan

HUT Ke-75 TNI, Jokowi Ucapkan Terlepas kepada Prajurit dan Singgung soal Purnawirawan

jpnn. com , JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan TNI telah menyampaikan kontribusi yang sangat besar terhadap Indonesia. Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengatakan hal tersebut saat Upacara Peringatan Ke-75 TNI melalui virtual dari Istana Negeri, Jakarta Pusat, Senin (5/10).

Hadir dalam rancangan itu, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kasad Jenderal Andika Bagak, Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo, Kasal Laksamana Yudo Margono, dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

“Atas nama rakyat bangsa dan negara, saya mengantarkan ucapan selamat hari ulang tarikh Tentara Nasional Indonesia yang ke-75. Hari ulang tahun TNI tidak hanya dirayakan oleh anggota serta keluarga besar TNI di mana pun berada, tetapi juga sebab segenap rakyat Indonesia, ” sirih Jokowi.

Jokowo melanjutkan, perjalanan panjang TNI sejak memperjuangkan kemerdekaan hingga kini menunjukkan diri sebagai penjaga utama kedaulatan negara.

Termasuk menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 beserta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari intimidasi dan gangguan.

“Dalam sejarah panjang TNI, sumbangan TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui OMP atau operasi militer untuk perang, tetapi juga melalui OMSP atau operasi militer selain perang, yang secara sikap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 sekarang itu, ” kata Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi TNI. Termasuk kepada para prajurit yang sedang bertugas di mana pun berada.

“Juga kepada para purnawirawan yang telah meninggalkan institusi dan prajurit TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri dalam dunia yang selalu bertukar, ” jelas dia. (tan/jpnn)

Baca Selalu:

Author: Eric Nelson