Badan Sebut PON XX Papua Bakal Bebas dari Intimidasi KKB

jpnn. com , JAKARTA – Panitia Besar Minggu Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua menjamin medan multievent empat tahunan dalam Bumi Cenderawasih itu bakal aman dan bebas lantaran ancaman kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Sekretaris Umum PB PON Elia Loupatty mengatakan TNI-Polri dari Kodam Cenderawasih dan Polda Papua akan terjun langsung mengamankan para kontingen PON Papua sejak itu turun dari pesawat.

“Untuk kesejahteraan, kami percaya kepada TNI dan Polri. Pangdam & Kapolda sudah memberi cagaran bahwa PON akan damai. Gubernur Lukas Enembe pula sudah memberi jaminan aman, ” kata Elia Loupatty dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Baca Juga:

Terkait KKB, Elia membicarakan kerusuhan tersebut jauh sejak lokasi penyelenggaraan PON Papua sehingga pihaknya mengajak seluruh peserta untuk tidak bimbang datang demi menyukseskan PON.

Keberhasilan PON Papua, menurutnya, bahan menjadi momen kebangkitan Nusantara melewati pandemi COVID-19.

Selain personel TNI-Polri, Ketua II PB PON Roy Letlora menambahkan pengamanan PON Papua selalu akan melibatkan para muda setempat.

Baca Juga:

Para pemuda tersebut dijadikan sukarelawan untuk turut mengamankan pergelaran PON Papua di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

“Divisi SDM sudah merekrut seluruh budak muda untuk menjaga keamanan di sana, jadi pengamanannya ini sifatnya ke persuasi dan kekeluargaan, ” perkataan Roy.

Author: Eric Nelson